404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Pengertian Komunikasi Daring Asinkron | Kelebihan dan Kekurangannya

Post a Comment
Pengertian komunikasi daring asinkron
Komunikasi dalam jaringan terbagi menjadi dua yaitu sinkron dan asinkron. Pengertian komunikasi sinkron secara singkatnya yaitu komunikasi yang dilakukan secara realtime atau dengan waktu yang sama sehingga tidak ada waktu tunda pada saat komunikasi. Contohnya adalah videocall.


Sedangkan komunikasi asinkron adalah komunikasi yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih yang terjadi waktu tunda diantaranya. Singkatnya, komunikasi daring asinkron memerlukan waktu tunda pada saat komunikasi. Contohnya adalah email.

Pada saat kita mengirimkan email, belum tentu sang penerima email langsung membuka dan membalas email tersebut. Nah, pada saat itu terjadi waktu tunda sehingga komunikasi ini dinamakan komunikasi daring asinkron.

Kelebihan komunikasi asinkron adalah:

1. Tidak terbatas
Berbeda dengan sinkron, tidak terbatas disini maksudnya adalah, kita bisa mengirim ribuan baris bahkan buku elektronik dengan interface yang enak dipandang. Juga kita dapat melampirkan file kedalam pesan sekaligus isi pesannya. Sedangkan chat (sinkron) hanya mengirimkan pesan baris saja. Apabila menginginkan lampiran file maka hanya lampiran terpisah.

2. Dapat digunakan untuk kepentingan resmi
Pada komunikasi asinkron lebih sering digunakan untuk kepentingan resmi seperti instansi pemerintahan. Gampangnya, surat resmi memakai kepala surat. Pada komunikasi asinkron ini dapat mengirimkan surat ber kepala surat dan terlihat lebih professional.

3. Tidak harus langsung membalas 
Apa bila pesan datang, kita tidak harus membalasnya. Tergantung para pelaku komunikasi. Mungkin sekarang baru ada urusan, lalu membalasnya esok atau lusa.

4. Tidak ada notifikasi “terbaca” di sang pengirim
Keunggulan lainnya adalah tidak ada notif “read” di pengirim seperti pada chatting. Menjadikan komunikasi ini bebas untuk kesabaran. Bebas untuk dibalas.

Kelemahan komunikasi asinkron:

1. Hanya mencakup hal-hal penting
Pada saat berkomunikasi asinkron, kita sebenarnya rugi apabila hanya membicarakan masalah sepele.

2. Spam 
Karena biasanya komunikasi asinkron ini membutuhkan alamat surel, pastilah orang lain juga mengetahunya. Celah ini digunakan orang untuk mengirimkan pesan palsu yang berisi virus misalnya atau link web yang berbahaya. Dan itu terjadi terus menerus.

Penyedia alamat email saat ini sudah sangat banyak sekali. Dulu hanya yahoo, Sekarang persaingan di industry per emailan lebih meningkat. Seperti Google Mail dan Outlook milik Microsoft. Mereka semua berlomba lomba menyediakan pelayanan yang aman serta canggih dalam filter spam.

Tidak hanya itu, suatu perusahaan besar menginginkan email bisnis atau email yang dikelola sendiri. Ciri dari email bisnis ini adalah pada alamat email, tidak berakhiran dengan penyedia layanan email.

Contoh:
Email gratis: lamdagantengdong@gmail.com
Email bisnis: lamdaganteng@simdigasik.com

Email tersebut dibuat dengan cara memiliki web hosting sendiri. Perusahaan besar pesti tentu memiliki sebuah website perusahaannya. Dan biasanya alamat email perusahaan menggunakan domain dari alamat website tersebut.

Kesimpulan:
Komunikasi asinkron adalah komunikasi yang membutuhkan waktu tunda dianataranya ata terjadi secara tidak langsung, contoh email.

Kelebihan:
1. Tidak terbatas
2. Dapat digunakan untuk kepentingan resmi
3. Tidak harus langsung membalas
4. Tidak ada notifikasi “terbaca” di sang pengirim
Kekurangan:
1. Hanya mencakup hal-hal penting
2. Spam



Related Posts

Post a Comment