404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Pengertian Komunikasi Sinkron dan Kelebihan Kekurangannya

1 comment
Komunikasi sangatlah penting bagi kita sesama manusia sosial. Komunikasi adalah bentuk penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain atau khalayak umum yang bertujuan untuk saling mengerti satu-sama lain.

Komunikasi dalam jaringan terdiri dari 2 yaitu Komunikasi Sinkron (langsung) dan Komunikasi Asinkron (tidak langsung). Kali ini gue hanya membahas komunikasi sinkron terlebih dahulu. Untuk komunikasi asinkron akan dijelaskan secara terpisah.


Pengertian komunikasi dalam jaringan sinkron atau bias juga disebut komunikasi serempak adalah pengguna komputer/jaringan berkomunikasi satu sama lain secara realtime atau pada saat yang bersamaan. Lebih mudahnya, komunikasi daring sinkron itu seperti saat kita berbicara saja, namun perbedaannya hanya menggunakan internet saja.

Salah satu contoh komunikasi sinkron adalah text chat (chatting). Bias juga video call. Yang penting, komunikasi langsung pada waktu yang bersamaan.

Layanan chatting memungkinkan pengguna berkomunikasi secara real time. Perbedaan layanan chatting dengan email adalah kalau chatting pengguna lainnya harus sama-sama online. Email termasuk kedalam komunikasi asinkron. Layanan chatting yang bias kita jumpai saat ini seperti Facebook Messengger, LINE, Whatsapp, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan layanan chatting di atas. Video call memungkinkan pengguna bertatap muka secara langsung. Keunggulan video call adalah bentuk komunikasi visual yang dihasilkan. Sudah jelas, layanan video call harus dilakukan secara langsung.

Contoh penyedia layanan video call adalah Google Duo, Whatsapp dan LINE sekarang pun juga melayani video call.

Untuk komunikasi dalam jaringan secara sinkron kepada khalayak disebut conference. Layanan conference call memungkinkan seseorang untuk berinteraksi kepada banyak orang. Contohnya adalah LINE yang mampu menampung hingga 50 orang pengguna dalam 1 panggilan.


Aplikasi android saat ini bahkan ada yang mampu untuk melakukan presentasi (secara sinkron/real time). Aplikasi ini bernama Free Conference Call. Aplikasi ini mampu menunjukkan atau mempresentasikan kepada khalayak hanya lewat mobile saja. Free conference call dapat diunduh secara gratis di play store.

Kesimpulan =
Komunikasi sinkron adalah komunikasi antar pengguna yang dilakukan secara bersamaan.
Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Sinkron.

Kelebihan:
1. Dilakukan secara real time yang berarti tidak ada waktu tunda diantara pengguna.
2. Dapat dilakukan secara massal.
3. Dapat melakukan grouping.
4. Memungkinkan untuk melakukan komunikasi visual.

Kekurangan:
1. Tidak bisa mewakili emosi pengguna. (ralat, sekarang ada emotikon).
2. Harus online untuk bisa berkomunikasi secara langsung.
3. Menggunakan lebih banyak kuota internet, apalagi kalau melakukan video call.

Related Posts

1 comment

  1. dalam komunikasi daring terdapat dua jenis sebenarnya yaitu Komunikasi daring Sinkron dan Komunikasi daring Asinkron.

    Penjelasan di atas sudah lengkap sekali mengenai Komunikasi Daring Asinkron, tapi lebik baik lagi kalian juga perlu mengerti juga tentang Komunikasi Daring Asinkron, karena kedua jenis ini sangat berkaitan dan tergabung dalam satu lingkup Komunikasi.

    Untuk menambahkan materi dari artikel yang sudah di jelaskan, bisa membaca artikel berikut ini tentang penjelasan Komunikasi Daring Asinkron

    >> https://katamtekno.blogspot.com/2019/09/komunikasi-daring-asinkron.html

    ReplyDelete

Post a Comment